Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Pencak Silat Modern Sebagai Bentuk Budaya Modern Penyeimbang Globalisasi


    PILARGLOBALNEWS,-- Pencak silat merupakan seni bela diri yang berasal dari indonesia dan telah ditetapkan oleh UNESCO, pencak silat kini bukan sekedar gengsi antar perguruan tetapi berada pada satu kesatuan yaitu IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). 

    Pendiri Pencak Silat Modern Kang Firza 
    pada hari Sabtu tanggal 4 Februari 2023 mengukuhkan Dadan Suparman, SH sebagai Pembina Pencak Silat Modern. 

    Pengukuhan tersebut dilaksanakan di sekretariat Pencak Silat Modern Jl.Sukagalih No.80 didalam lingkungan SMA PGRI 1  Bandung, Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.

    Dengan dikukuhkannya Dadan Suparman, SH sebagai pembina Pencak Silat Modern Kota Bandung maka dengan dengan ini pencak silat modern resmi dibawah binaan PPBNI-Satria Banten.

    Kang Firza mengatakan pencak silat modern ini merupakan salah satu ekstra kulikuler, beranggotakan peserta didik di berbagai tingkatan pendidikan dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi.

    Seperti halnya cabang olahraga lain, pencak silat juga mempunyai program pelatda (pemusatan latihan daerah) serta pelatnas (pemusatan pelatihan nasional). Dari program inilah harapan kang Firza para atlet pencak silat modern dapat menyalurkan bakatnya melalui kejuaraan tingkat nasional seperti PON maupun tingkat internasional seperi Sea Games dan Asean Games, ujarnya.

    Didalam naungan IPSI, pencak silat modern satria Banten dapat memberikan motivasi dan terobosan yang positif yang dapat menciptakan generasi yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, lingkungan, dan bangsa, ucapnya.

    Lanjut kang Firza di sisi lain pencak silat modern yang beriringan dengan globalisasi yang mana salah satu dampak negatifnya adalah menjadikan para pelajar kurang rasa menghormati maupun sopan santun, melalui pencak silat modern diharap mampu menjadi faktor penyebab kuatnya rasa penghormatan kepada Orangtua, Guru, terhadap sesama serta sopan santun  dilingkungan masyarakat.


    Dadan Suparman sebagai pembina Pencak silat modern mengatakan Kemajuan pencak silat modern juga masih membawa pesan moral yang kita kenal yaitu Pada raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

    Selain itu diharapkan dapat mewujudkan sikap sprotifitas para pemuda khususnya insan pencak silat dan manjadi motovasi untu terus berlatih beladiri dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki., ujarnya.

    Melalui kegiatan ini segala bantuan dan dukungan dari berbagai pihak kami harapkan demi suksesnya penyelenggaraan kejuaraan Pencak Silat Terbuka Se-Banten dengan tema “Menjadikan Pencak Silat Sebagai Olah Raga Modern Yang Menjadi Kebanggaan Masyarakat Sebagai budaya Asli Indonesia“., pungkasnya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728