Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Manfaat Daun Kunyit


    PILARGLOBALNEWS,-- Adapun manfaat daun kunyit tersebut diantaranya :
    1. Mencegah terbentuknya karies gigi
    Daun kunyit berpotensi untuk dijadikan sebagai obat kumur. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa sifat antibakteri yang terkandung dalam ekstrak daun ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus di mulut. Artinya, penggunaan daun ini dapat meminimalkan terbentuknya karies gigi.

    Karies gigi adalah kondisi ketika lapisan terluar gigi mengalami kerusakan yang ditandai dengan adanya lubang pada gigi.

    2. Mengatasi penyakit asam lambung
    Rimpang kunyit dan daunnya sama-sama mengandung kurkumin. Kandungan ini diketahui bersifat antiradang, sehingga bermanfaat dalam meredakan gejala penyakit asam lambung. Meski demikian, jangan mengandalkan daun kunyit saja sebagai obat asam lambung naik.

    Untuk mengatasi penyakit asam lambung, Anda juga perlu mengubah pola hidup, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, menghindari konsumsi makanan yang memicu asam lambung naik, berhenti merokok, berolahraga secara rutin, dan mengelola stres dengan baik.

    3. Menurunkan tekanan darah
    Bagi yang menderita tekanan darah tinggi, konsumsi daun kunyit cukup disarankan. Ini karena daun kunyit memiliki kandungan flavonoid yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain daun kunyit, flavonoid juga dapat ditemukan dalam buah ceri, apel, kubis ungu, kale, peterseli, anggur merah, dan teh hijau.

    4. Meredakan radang sendi
    Daun kunyit bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi gejala radang sendi atau arthritis. Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan kurkumin yang ada dalam daun ini bersifat antiradang, sehingga dapat mengurangi peradangan di sendi.

    Efeknya, gejala radang sendi seperti nyeri, kekakuan, dan pembengkakan sendi bisa teredakan. Penderita pun bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

    5. Memelihara kesehatan jantung
    Tidak hanya berguna untuk menurunkan tekanan darah, kandungan flavonoid yang ada dalam daun kunyit juga dibutuhkan untuk memelihara jantung yang sehat. Ini karena sifat antioksidan yang dimiliki flavonoid juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

    Selain digunakan sebagai bahan masakan, daun kunyit juga terdapat dalam berbagai obat-obatan herbal meski masih cukup jarang.

    Potensi daun kunyit untuk mengatasi kondisi atau penyakit tertentu memang ada, tetapi penelitian untuk menilai manfaat dan efek sampingnya masih belum banyak, terutama pada populasi khusus, seperti ibu hamil, anak, dan penderita penyakit tertentu.

    Oleh karena itu, bagi yang ingin menjadikan daun kunyit sebagai pengobatan alternatif, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

    Ini dilakukan agar Anda mendapatkan takaran konsumsi daun kunyit yang sesuai, sehingga manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal.

    Terakhir diperbarui: 27 Maret 2023 (redhalodoctor)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728