Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Pemerintah Amerika Berikan Hibah Alat Cuci Otomatis Pesawat Udara Untuk TNI AD


    PILARGLOBALNEWS,--Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Puspenerbad) menerima hibah Tactical Rinse System (TRS) yaitu alat cuci otomatis pesawat udara guna meningkatkan pemeliharaan tingkat ringan alutsista pesawat dan helikopter Puspenerbad dari Pemerintah Amerika Serikat yang diserahkan secara simbolis oleh Chief of Office Defense Cooperation Kedubes Amerika Serikat Colonel Ian E. Francis., kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia diwakili oleh Heru Haryoko, S.E. ( Pembina IV/a Kasi Minbend BMN Subdit Takol Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan)
    Alat pencuci otomatis pesawat terbang tersebut selanjutnya diserahkan Mabesad dan kemudian diserahakan ke Puspenerbad yang diterima Danpuspenerbad yang di wakili Wadan Puspenerbad Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han., di Apron Skadron-21/Sena, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten.

    Dalam keterangan tertulis Penerangan Puspenerbad, Jumat (24/3/2023), Tactical Rinse System (TRS) adalah suatu alat otomatis yang digunakan untuk mencuci pesawat terbang sayap tetap kecil maupun pesawat terbang sayap putar (Helikopter) untuk menghindari kerusakan akibat partikel jahat dan sifat korosif/karat dari cuaca dan kondisi medan.


    Seiring dengan adanya Helikopter Apache AH-64E di Satuan Puspenerbad, pemerintah Amerika Serikat memberikan hibah TRS sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap upaya pemeliharaan Alutsista.

    Sebelumnya Puspenerbad sudah memiliki 1 unit TRS di Skadron-11/Serbu Puspenerbad Semarang guna mengantisipasi potensi korosi yang disebabkan oleh kualitas air tanah yang kurang baik. Selain itu Puspenerbad juga memiliki satuan operasional yakni Skadron-21/Sena Puspenerbad di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, oleh karena itu TRS juga perlu ditempatkan di Skadron tersebut untuk meminimalkan korosi yang timbul pada pesawat udara Puspenerbad.

    Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayjen TNI Dwi Wahyu Winarto, S.I.P., M.M., M.Tr (Han) yang diwakili oleh Wadanpuspenerbad Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han., beserta staf menyambut kedatangan dari ODC Kedubes Amerika Serikat dan para undangan lainya di Ruang VIP Room Puspenerbad sebelum acara penyerahan hibah TRS berlangsung.

    Dilaksanakan ramah tamah antara pihak Amerika Serikat dengan pihak Indonesia dan membahas tentang hibah TRS dan rencana hibah lainnya dari Pemerintah Amerika Serikat yang akan diberikan kepada Indonesia.


    Setelah acara di VIP Room selesai rombongan berangkat tempat penyerahan TRS berlangsung di Apron 21/Sena, adapun rangkaian acara penyerahan hibah TRS yaitu penyerahan secara simbolis TRS dari Pemerintah Amerika Serikat yang diwakili oleh Colonel Ian E. Francis (Chief of Office Defense Cooperation Kedubes Amerika Serikat) kepada Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) yang diwakili oleh Pembina IV/a Bapak Heru Haryoko, S.E. (Kasi Minbend BMN Subdit Takol Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan), dilajutkan penyerahan TRS dari Kemenhan RI kepada Mabesad yang diwakili oleh Brigjen TNI Haripto Seno Budi, S.Sos. (Waaslog Kasad Bidang Bekpalkes), dan penyerahan TRS dari Mabesad kepada Puspenerbad yang diwakili oleh Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. (Wadanpuspenerbad), kemudian penyerahan TRS dari Puspenerbad kepada Skadron-21/Sena Puspenerbad yang diterima oleh Letkol Cpn Gatot Dwi Nugroho (Dandron-21/Sena Puspenerbad) selaku Komandan Satuan pengguna TRS dan terakhir foto bersama antara pihak Amerika Serikat dengan pihak Indonesia.
    Acara penyerahan secara simbolis hibah TRS tersebut berlangsung lancar dan aman. Tampak hadir beberapa pejabat lainnya dari Kemhan, Penata Tk. I III/d Irawan, S.Kom. Analis Kebijakan Muda Bid Bek Loghan Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan. Dari Slogad Letkol Cpn M. Imam Zulfikar, Pabandya-4/Pesud Slogad dan Letkol Inf Nyarman, Pabandya-3/Pusmat Slogad. Dari ODC Kedubes Amerika Serikat Major Jee Chung, Director of Armament ODC Kedubes Amerika Serikat, Ms. Amanda Medley, AGSE International Lead, AMSA Project, Mr. Matthew Nicholas Lichtner, FMS Technical Coordinator.

    Hadir juga para pejabat Puspenerbad Dirbinmat Puspenerbad Kolonel Cpl Anjas Asmara, Kasubditperslog Sdirum Puspenerbad Kolonel Inf Slamet Winarto, Kabaginvent Sdirbinmat Puspenerbad Letkol Cpn Aa Hendrawan, Kasiharnik Jatmu Bag. Heli Serang Sdirbinmat Puspenerbad Mayor Cpn Tri Susanto, dan Kasiharnik Bag. Heli Serang Sdirbinmat Puspenerbad Mayor Cpn Hanif Al Farisy. (Redispenad)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728