Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Satgas Citarum Harum Sektor-2 Bersih - Bersih Dan Jaga Kelestarian Alam Di Desa Pangauban

    Kontributor KosasihPur
    PILARGLOBALNEWS,--  Keberadaan Sektor - 2 Satgas Citarum Harum di wilayah Kecamatan Pacet Kab Bandung Selatan, dalam rangka membantu Provinsi Jawa Barat dengan program Citarum Harum yang merupakan program pemerintah untuk percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15/Tahun 2018.

    "Perlu kesadaran dan tanggungjawab semua pihak secara bersama– sama menjaga kelestarian hutan sebagai sumber mata air,”


    Dengan melakukan penghijauan di hutan sebagai daerah tangkapan air. Keberadaan pohon di kawasan sumber mata air, sangat penting. Karena berfungsi sebagai penyerap air dan penyangga tanah. Apabila hal itu dilakukan secara berkesinambungan, maka bisa menyelamatkan sumber mata air.

    “Jangan sampai meninggalkan kesengsaraan bagi anak cucu. Ini adalah tanggungjawab kita semua. Karenanya, perlu mengembalikan fungsi hutan, mari bersama – sama menghijaukan kembali hutan yang gundul".

    Meskipun 70% permukaan bumi terdiri dari air, ternyata hanya 0,3% sumber air bersih dunia yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia dan 60% dari jumlah tersebut berasal dari negara Brazil, Indonesia, Rusia, Cina, Kanada, India, Kolumbia, Kongo, dan Amerika.

    Penggunaan air bersih di dunia semakin meningkat dalam satu abad terakhir. Peningkatan tersebut digunakan mencukupi kegiatan manusia, seperti pertanian, industri, energi, sektor bisnis dan rumah tangga sehingga ketersediaan air bersih dianggap semakin mengkhawatirkan.

    Berdasarkan perhitungan para ahli, setiap orang memerlukan 2 liter hingga 4 liter air untuk keseimbangan tubuh. Akan tetapi, menurut perkiraan manusia menghasilkan 2 juta ton sampah rumah tangga yang di buang ke sungai sehingga mempengaruhi berkurangnya sumber air bersih.

    Berkurangnya air bersih atau juga disebut krisis air juga merupakan dampak dari perubahan iklim. Iklim dunia yang tidak berjalan normal akan menyebabkan musim kemarau panjang sehingga membuat sumber air kering.


    Kebalikannya, jika musim penghujan terjadi secara terus menerus dan berkepanjangan akan menyebabkan ekosistem tidak berjalan dengan baik bahkan tercemarnya sumber mata air.

    Untuk itu Satgas Citarum Harum Sektor 2 terus berupaya mengajak, menghimbau aparat pemerintah kec dan  desa srt masy unt bekerja sama memperindah, menata dan merawat desa di wil Pacet spt Danau Alam Lestari yg berada di DS Pangauban Kec Pacet Kab Bandung ke depan akan mjd objek wisata lokal yang bisa di manfaatkan oleh warga sekitar khususnya dan bisa di nikmati oleh semua warga yg berada d wilayah Pacet dan Kertasari pada umumnya.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728