Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Koramil 2401/Rancaekek Kodim 0624/Kab Bandung "Manfaatkan lahan kritis dengan Tanaman Ekonomis".


    PILARGLOBALNEWS,-- Pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam ( SDA )  merupakan salah satu perekonomian salah satu bangsa. Pemanfaatan lahan kritis dengan menanami kembali lahan tersebut dengan tanaman yang memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat menjadi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat desa , hal ini terlihat dari aktivitas Kapten.Chb.Subardi Komandan Koramil 2401/Rancaekek Kodim 0624/Kab Bandung dalam mengalih pungsikan lahan kritis tepatnya  di Kampung Jalan Radio 2 Kampung Rancabatok RT 05 RW 08 Desa Rancaekek Wetan Kabupaten Bandung. 
    Penanaman lahan kritis  yang tadinya kelihatan semak.belukar kini di sulap menjadi lahan produktif. Dengan penanaman pohon pepaya calipornia.. 


    "Sebelumnya kami menanam jagung dan kacang tanah, Untuk tahun ini kami akan menanam pohon pepaya , namun sytem yang akan dilakukan  adalah tumpang sari dengan tanaman  kacang merah nantinya, Adapun masalah pengairan sekarang kami lagi melakukan pembuatan sumur , yang nantinya bisa di gunakan   untuk penyiraman tanaman dengan menggunakan kincir".

    ," Kami juga sengaja membuat gazebo di lahan kritis dengan tujuan gazebo ini bisa difungsikan bukan hanya untuk istirahat saja usai bekerja ,tetapi sekarang Alhamdulillah bisa di gunakan  anak - anak  untuk belajar," Papar Danramil di dampingi Serda Omay Komara (Babinsa Rancaekek Wetan) , dan Sertu Imam Suhendi (Babinsa Rancaekek Kencana)

    Hal ini di ungkapkan Komandan Koramil 2401/Rancaekek Kodim 0624/Kab Bandung Kapten.Chb.Subardi saat  mendampingi Kunjungan Forum Bumdes Jawa Barat. Rabu (02/08/2023).


    Sementara Dimas Insany  sekjen forum bumdes Jabar dalam kunjungan nya menyatakan ," saya sangat salut atas pemikiran dan ide kreatif pak Danramil. Pasalnya kunjungan saya kali ini sengaja pengen bertukar pengalaman dan belajar dari beliau, dari pembuatan pupuk organik sampai penyulingan sereh wangi. 
    Kami berharap dengan kunjungan kali ini bisa  mengaplikasikan kepada bumdes - bumdes yang ada di jawa barat agar bisa menjadi Bumdes yang mandiri dengan berbagai kreativitas dalam menghasilkan PADes agar kedepannya Bumdes tidak menggantungkan diri kepada penyertaan modal dari Pemerintah Desa ," Ucapnya.  

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728