Baca Juga

Header Ads

  • Breaking News

    Bentang Gerilya Bersinar Bersama POSPERA Karawang Di Kota Solo


    PILARGLOBALNEWS,--  Pospera Kabupaten Karawang, turut megisi acara pada event SOLO Menari yang diadakan pada 29 April 2023 oleh Pemerintah Kota Solo,  dengan membawakan karya seni Jaipong Kreasi "Bentang Gerilya"  Menceritakan tentang Tokoh pejuang asal Karawang yang menjadi salah satu pencetus Kemerdekaan dan mendapatkan bintang kehormatan.

    Tarian Jaipong Kreasi Bentang Gerilya ini memggambarkan kegagahan para pejuang laki-laki maupun perempuan di era merebut kemerdekaan. 

    Risna Sundari, SE Ketua DPC POSPERA Karawang mengatakan "Alhamdulillah, kami diberikan kepercayaan mewakili DPD POSPERA Jawa Barat untuk ikut berpartisipasi dalam Event SOLO Menari tahun ini. Dan kami membawa Sanggar RSAP, yang merupakan sanggar Binaan kami di Karawang berkolaborasi dengan PPSI untuk pencak silat-nya yang membawa Padepokan GAYA MUNI dan GODOT yang merupakan silat asli Karawang.

    Untuk Koreograftari dibuat oleh Rusnia Anti, Guru Tari dan Pemillik  sanggar RSAP Cikampek yang juga merupakan wakil ketua bidang kesenian DPC POSPERA Karawang.
    Risna menbahkan " Bentang Gerilya adalah sebuah bentuk Pelestarian dan  Pengembangan.. Karena menurut undang undang no 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan sudah mencangkup 4 Pilar yaitu Pelestarian, Pengembangan, Pemanfaatan, Pembinaan"

    Selain itu Risna juga mengatakan, Karawang yang sangat kaya akan kesenian dan pelaku seni, sangat menungkinkan untuk melakukan pagelaran serupa "Sebenarnya pernah  ada Festival Goyang Karawang,, namun sampai saat ini belum digelar secara rutin seperti Solo Menari, dan Inshaa Allah kami akan mendorong Pemda Karawang agar Festival Goyang Karawang dapat digelat secara rutin, agar kami juga bisa gantian mengundang kawan-kawan pelaku seni dari luar Karawang untuk datang dan melakukan pertunjukan di Karawang. (Redeko)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    pilar

    Post Bottom Ad

    ad728